Fieldtrip Berkuda di Jawa Tengah



Fieldtrip kini menjadi bagian penting dalam proses pendidikan di sekolah. Dengan melakukan fieldtrip anak-anak akan merasakan belajar langsung di lapangan tentang suatu obyek tertentu, dengan demikian belajar tidak hanya dilakukan di dalam ruangan melainkan juga di luar ruangan. Ada banyak alternatif tema untuk kegiatan ini, dan barangkali fieldtrip berkuda bisa jadi pilihan yang menarik.




Metode Dalam Belajar Fieldtrip
Fieldtrip adalah bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan modern, bertujuan memberikan pengalaman nyata untuk para siswa. Tema fieldtrip bisa disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, bisa juga yang bertujuan untuk pengembangan diri dan menambah skil anak-anak.
Beberapa tema fieldtrip antara lain tema sejarah di mana anak-anak bisa dibawa ke museum misalnya, atau belajar budaya dan mengajak anak-anak berkunjung ke desa pelestari budaya untuk melihat langsung upacara tradisional yang digelar disana. Untuk belajar tentang alam dan lingkungan, anak-anak bisa dibawa ke perkebunan dan peternakan. Sementara untuk belajar tentang proses pembuatan sebuah produk, anak-anak bisa berkunjung langsung ke pabrik, untuk belajar cara memperbaiki kendaraan anak-anak bisa pergi ke bengkel, dan sebagainya.
Fieldtrip yang bertujuan untuk pengembangan diri biasanya berupa outbound atau permainan di alam terbuka yang bagus untuk melatih ketangkasan, kepercayaan diri, dan untuk permainan bersama tim maka anak-anak akan belajar tentang bekerja sama dnegan orang lain untuk meraih tujuan bersama.
Fieldtrip berkuda juga memiliki tujuan untuk melatih ketangkasan anak dan juga kepercayaan diri ketika mengendarai dan mengendalikan kuda. Untuk anak-anak yang masih kecil, bisa berkuda bersama satu orang dewasa seperti ayah, ibu, atau pelatih kuda di lokasi fieldtrip berkuda. Bagi anak-anak yang sudah agak besar bisa mengendarai kuda sendiri dimana awalnya kuda dituntun oleh pelatih pelan-pelan, ketika anak mulai paham bagaimana cara mengendalikan kuda dan mulai percaya diri maka mereka bisa mengendarai kuda tanpa perlu dituntun oleh pelatih.


Fieldtrip Berkuda Di Kawasan Jawa Tengah
Umumnya lokasi peternakan kuda berada di kawasan pegunungan yang sejuk dan dingin, dan di kawasan Jawa Tengah, peternakan kuda bisa ditemukan di lereng-lereng pegunungan seperti di Salatiga, Tawangmangu dan sebagainya.
Berikut beberapa lokasi menarik yang patut masuk di dalam daftar anda.
1. Santosa Stable – Kendal
Tepatnya berada di Dusun Lendoh, yang berada di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, yang merupakan area pegunungan menyuguhkan pemandangan asri juga kawasan perkebunan dan persawahan yang hijau membentang. Santosa Stable ini sebenarnya bagian dari desa wisata Dewi Sembrani yang merupakan kependekan dari Desa Wisata Semangat Berkuda dan Bertani.
Kawasan ini merupakan lokasi fieldtrip berkuda yang sempurna, karena selain pemandangan alam yang indah, kuda yang tersedia disini ada puluhan jenis dan untuk anak-anak biasanya menggunakan kuda poni yang mungil sehingga aman dikendarai. Kuda-kuda tersebut berasal baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
Paket fieldtrip di kawasan ini terdiri dari melihat langsung bagaimana merawat kuda, mengenal jenis-jenis kuda, dan tentunya mengendarai kuda-kuda itu. Selain itu di kawasan seluas 3 hektar ini juga dilengkapi dengan arena outbound, kolam, restoran, dan juga vila untuk tempat menginap para tamu. Bagi mereka yang ingin datang ke tempat ini secara reguler bisa pula mengikuti sekolah berkuda yang ada.
2. Nirwana Stable – Desa Purwosari, Semarang
Lokasi stable ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang, berjarak sekitar 15 km yang merupakan arena berkuda dengan fasilitas komplit dan modern, didukung dengan sumber daya manusia yang profesional.
Di sini pengunjung bisa mengendarai kuda dengan instruktur yang andal dan akan membuat pengalaman naik kuda anda menyenangkan. Untuk riding school, ada beberapa kelas yang ditawarkan mulai dari private riding maupun group lesson. Kuda-kuda yang cantik dan gagah dengan pelatih yang profesional, juga pemandangan di lokasi yang indah adalah satu paket komplit untuk pengalaman fieldtrip berkuda yang tak terlupakan.
3. Arrowhead Horse Riding School
Semenatara itu, untuk fieldtrip berkuda di Salatiga, anda bisa mengunjungi Arrowhead Horse Riding School. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 8 pagi gingg 11.30 siang dan kemudian dilanjutkan pada pukul 2 siang hingga 5 sore. Kawasan ini cukup luas yang diresmikan pada tahun 2012 lalu, didukung dengan fasilitas seperti school arena, stables, paddock, lunging ing, pendopo dan tackshop yang menjual aneka kelengkapan berkuda.
Untuk informasi fieldtrip berkuda lebih lengkap silahkan hubungi Madani Adventure, vendor outbound dan fieldtrip yang terpecaya dengan layanan di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya.

Informasi lebih lanjut bisa hubungi call center

Madani Adventure 081 255 225 56 atau 0812 68 68 920

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: